Francesco Totti yang Tak Tergerus Usia

Francesco Totti yang Tak Tergerus Usia

Francesco Totti memang bukan lagi pilihan utama di Roma. Sekarang, Totti lebih sering berada di bangku cadangan daripada distarting lineup. Namun, jika ia diberi kesempatan turun ke lapangan, pencetak gol terbanyak kedua sepanjang sejarah Serie A itu hampir tak pernah mengecewakan.

Francesco Totti memang sudah berumur 40 tahun sejak 27 September 2016. Namun, kemampuan kapten AS Roma itu seolah abadi, kekal tak tergerus usia, terutama dalam urusan mengoyak gawang lawan.

Totti bahkan tercatat sebagai pemain dengan rasio menit/gol terbaik di Serie A (minimal 70 menit penampilan) sepanjang tahun 2016.Il Re di Roma (The King of Rome)berada di urutan teratas dengan rata-rata 1 gol setiap 75 menit.

Dia mengungguli Gonzalo Higuain(Napoli, Juventus),bomber Roma Edin Dzeko, maupun eks striker veteran Lazio Miroslav Klose.

Sejak debutnya dalam laga melawan Brescia pada 28 Maret 1993, Totti sudah mencetak total 250 gol dalam 608 penampilan di Serie A – dan semua itu ditorehkannya hanya dengan seragam Roma. Totti adalahtop scorerkedua dalam sejarah Serie A, cuma kalah dari Silvio Piola yang mencetak 274 gol selama periode 1929-1954.

Totti mencetak gol pertamanya ketika melawan Foggia di musim 1994/95. Sejak itu, Totti tak pernah absen mencetak gol untuk Roma di tiap musimnya. Totti selalu mencetak gol dalam 23 musim beruntun hingga tahun 2016/2017.

Leave a Reply

%d bloggers like this: