Mourinho: 2010 Adalah Tahun Inter, Bukan Tahun Saya

Mourinho: 2010 Adalah Tahun Inter, Bukan Tahun Saya

Jose Mourinho dinobatkan sebagai pelatih terbaik dalam gelaran Ballon d’Or 2010. Mou memang mencatatkan prestasi besar tahun itu; ia berhasil mengantarkan Inter Milan meraih treble winners.

Namun Mourinho kembali menegaskan bahwa tahun itu bukan tentang dirinya, tetapi tentang Inter Milan dan suporter mereka. Mourinho lebih mengingat 2010 sebagai tahun ia memenangkan treble bersama Inter ketimbang tahun ia menerima penghargaan dari FIFA.

Tapi Mourinho juga mengaku merasa mendapat kehormatan telah terpilih memenangkan penghargaan besar itu. Namun ia tetap menganggapnya sebagai semacam bonus, bukan tujuan utama.

“Mendapat penghargaan itu adalah sebuah kehormatan besar, terutama karena saya menjadi pelatih pertama yang memenangkan pelatih terbaik dunia dari FIFA. Tapi saya harus ulangi lagi, saya adalah sosok yang mengedepankan tim. Tahun 2010 bagi saya bukan tahun say mendapatkan penghargaan FIFA. Itu adalah tahun saya memenangkan treble bersama Inter. Itu bukan musimnya Mourinho, tapi musim Inter dan Interisti. Itu yang saya rasakan soal pekerjaan saya,” terang Mourinho di situs resmi FIFA.

Sebelumnya, Mourinho sudah mengatakan bahwa ia tidak terlalu menyukai penghargaan individu kepada pemain. Menurutnya, sepakbola adalah olahraga tim dan penghargaan seperti itu bisa menjadi kontradiktif bagi pelatih.

“Jujur saja, saya tidak terlalu suka penghargaan individu. Sepakbola adalah olahraga tim dan tim yang memenangkan pertandingan. Tim lebih penting dari pemain. tapi media dan fans menyukai penghargaan semacam itu. Bagi manajer, penghargaan seperti itu menjadi kontradiktif karena kami mengajarkan kerjasama tim, bukan individu saja. Tapi media dan fans juga penting bagi sepakbola, jadi saya tidak menentangnya,” terang Mourinho kepada FIFA.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: